Hadapi Wabah Covid-19, Persidangan Di Pengadilan Negeri Tegal Melalui Teleconference

indonesiasatu, 07 Apr 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Tegal - Pengadilan Negeri Tegal tetap menjalankan kegiatannya dalam penanganan berbagai perkara meski menghadapi kondisi wabah Covid-19. Hanya saja teknis pelaksanaan persidangan dilakukan melalui teleconference.

Hal itu disampaikan Ketua Pengadilan Negeri Tegal Kelas IA, DJoni Witanto, SH,MH kepada Kantor Berita Online Jurnalis Indonesia Satu usai mengikuti Rapat Paparan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tegal yang melibatkan semua unsur Forkompimda Kota Tegal termasuk menyertakan Pengadilan Negeri Tegal di Pelataran Pendopo Ki Gede Sebayu, Kota Tegal, Selasa (7/4).

Menurutnya berdasarkan surat Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 379/DJU/PS.OO/3/2020 tanggal 27 Maret 2020 tentang Persidangan Perkara Pidana Secara Teleconference, sehingga Ketua Pengadilan Negeri Tegal telah mengeluarkan kebijakan untuk melakukan persidangan perkara pidana secara teleconference.

“ Ya kita harus tetap berjalan meski dengan pembatasan semaksimal mungkin baik untuk pegawai maupun masyarakat. Kegiatan sidang melalui teleconference, “ Ujar Ketua Pengadilan.

Bahkan Pengadilan Negeri Tegal juga telah melakukan uji coba persidangan dengan teleconference pada hari Kamis, 26 Maret 2020.

“ Dan Pengadilan Negeri Tegal telah melakukan ujicoba persidangan perkara pidana secara teleconference pada hari Kamis tanggal 26 Maret 2020, “ Terangnya

Menurutnya, untuk perkara-perkara pidana terdakwa tidak dihadirkan di persidangan, tetapi keterangannya didengarkan melalui teleconference termasuk pemeriksaan saksi. Sedang pelayanan lainnya tetap dilakukan dengan terlebih dahulu dilakukan test suhu badan dengan menjaga jarak dengan pelayanan.

“ Sementara untuk putusan, baru nanti kita ucapkan melalui sidang yang terbuka untuk umum baik secara teleconference maupun kehadiran terbatas. Yang penting asas terbuka untuk umum dan diketahui masyarakat tetap terjaga, “ Tambahnya.

Pada persoalan perkara perdata, Djoni menyampaikan teknisnya dilakukan melalui email dengan memberikan ketentuan batasan waktu pengajuan yang jawabannya disampaikan juga melalui email.

“ Untuk perkara perdata, sepanjang masih jawab menjawab, di lakukan by email dengan menentukan batasan waktu pengajuan jawaban by email. Untuk pembuktian tertulis ditunjukan by email dulu, baru kemudian majelis hakim melakukan verifikasi tentang nilai bukti terulis. Sedang bukti yang berupa saksi akan didengar melalui sarana teleconference maupun sarana informasi tekhnologi lainnya seperti video by wa, “ Terang Djoni Witanto.

"  Untuk perkara perdata, kami juga mendorong para pihak untuk beracara melalui e litigasi, akan tetapi bila para pihak tidak berkenan, maka dimungkinkan persidangan secara teleconference. Dimana nantinya pertukaran data dalam tahap jawab jinawab dapat dikirim melalui email, " Paparnya

" Pembacaan putusan tetap akan dilakukan secara teleconference dalam perkara pidana berdasarkan SK Menkumham, " Tambah Ketua Pengadilan Negeri IA Tegal, Djoni Witanto.

“ Dalam menghadapi situasi pandemi virus corona (COVID-19), persidangan suatu perkara  dengan menggunakan teknologi video conference dirasa sangat perlu dan efektif, “ Jelasnya

Sebelumnya, Ketua Pengadilan juga menyampaikan himbauanya yang disampaikan melalui paparannya dalam rapat paparan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Tegal, dalam menjalankan kebijakan diharapkan pemerintah Kota Tegal untuk tetap mematuhi yang menjadi ketentuan pemerintah pusat.

“ Pada dasarnya saya berharap bahwa dalam kondisi apapun juga, kita punya pemerintah di pusat. Apapun yang terjadi sebaiknya kita lakukan itu berdasarkan instruksi yang ada di pusat, “ Paparnya.

“ Tolong hal-hal yang seperti itu untuk dipatuhi. Saya yakin bahwa kalau kita disiplin, Insya Allah bahwa wabah ini akan cepat berlalu, “ Imbuhnya

“ Sampai dengan sekarang alhamdullilah Di Pengadilan Negeri Tegal meski juga terkena imbas wabah, namun kami tetap berjalan dengan baik. Sebab acuan kami diatur dalam Perma nomor 1 tahun 2020, “ Pungkasnya. (Anis Yahya)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu