Kodim 0712/Tegal gelar Kegiatan Vaksinasi Secara Serentak, Giliran Buruh Pabrik Garmen Mendapat Suntik Vaksin Covid-19

Kodim 0712/Tegal gelar Kegiatan Vaksinasi Secara Serentak, Giliran Buruh Pabrik Garmen Mendapat Suntik Vaksin Covid-19

Tarub - Usai memimpin acara apel pencanangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat Kabupaten Tegal di lapangan upacara Pemkab Tegal, Sabtu (03/07/2021) pagi, Bupati Tegal Umi Azizah bertolak meninjau pelaksanaan vaksinasi pada buruh dan karyawan pabrik. Peninjauan tersebut dilakukan di PT Tri Lestari Sandang Industri dan PT. Winners Internasional.

Pekerja di lingkungan pabrik memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19. Hal ini, kata Umi, karena mereka bekerja di dalam ruangan dan dalam jumlah yang banyak. Kendati protokol kesehatan diterapkan, namun potensi tertular Covid-19 itu akan selalu ada. Terlebih, sempat ada klaster penularan Covid-19 di perusahaan dan pabrik.

Vaksinasi massal ini terus dikebut Pemkab Tegal seiring melonjaknya kasus penularan Covid-19 di masyarakat, disamping mendukung upaya Pemerintah mempercepat vaksinasi di masa PPKM darurat ini.

Umi mengatakan, Pemerintah telah menargetkan penyuntikan satu juta dosis vaksin per hari sampai dengan akhir Juli 2021 dan meningkat menjadi dua juta dosis per hari pada Agustus 2021.

Menurut Umi, penyuntikan vaksin massal ini dimaksudkan untuk menjadikan sebanyak mungkin orang terlindungi, baik dari penularan virus maupun meringankan gejalanya saat terinfeksi Covid-19, terutama pada kelompok rentan seperti pralansia dan lansia dengan komorbid.

“Pada kelompok lansia dan pra lansia, penyuntikan vaksin sangat membantu meringankan gejala sakit dan mengurangi risiko meninggal dunia akibat infeksi Covid-19, ” kata Umi.

Umi yang juga penyintas Covid-19 pun menitip pesan kepada karyawan dan buruh pabrik untuk membantu membangun kekebalan tubuh komunitas dengan mengajak anggota keluarganya terutama lansia dan pralansia untuk mengikuti program vaksinasi.

“Ajak anggota keluarga seperti orang tua agar mau divaksin, karena orang tua menjadi kelompok paling rentan terpapar Covid-19 dan berisiko tinggi. Dari data kasus kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Tegal, sekitar 74, 3 persennya terjadi pada kelompok usia 50 tahun ke atas, ” ungkapnya.

Meski sudah disuntik vaksin, Umi menitip pesan para pekerja di lingkungan pabrik tetap harus menjaga diri dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, terlebih dengan berkembangnya galur delta yang mudah menular.

Di tempat yang sama,  Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P. melalui Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0712/Tegal Mayor Cba Eko Budi Sardjono menyampaikan saat dikonfirmasi tentang kegiatan ini menuturkan kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan selama 2 hari secara serentak sesuai dengan diterbitnya Surat Telegram Rahasia Pangdam IV/Diponegoro tentang pelaksanaan serbuan vaksinasi TNI AD di wilayah Provinsi Jawa Tengah dan DIY secara serentak yaitu tanggal 3 - 4 Juli diwilayah jajaran Kodam IV/Diponegoro.

Kegiatan Serbuan Vaksinasi serentak diwilayah Kodim 0712/Tegal ini dilaksanakan di dua tempat yaitu di PT. Tri Lestari Sandang Industri yaitu wilayah Koramil 09 Tarub dan PT Winners Internasional bertempat di wilayah Koramil 16/Margasari

Disinggung penerapan strategi yang dilaksanakan untuk  mengatur agar tidak terjadi penumpukkan, Mayor Cba Eko Budi Sardjono menggambarkan pihaknya telah membagi dalam beberapa kelompok dengan pengaturan waktu Tim Medis .

Sementara Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal Sarmanah Adi Muraeny mengatakan dari total keseluruhan 153.560 dosis vaksin yang diterima Pemkab Tegal, hingga Jumat (02/07/2021) sudah terpakai 148.328 dosis dan menyisakan 6.340 dosis.

Rinciannya, sambung Sarmanah, untuk suntikan pertama sudah digunakan 101.149 dosis atau 44 persen dari target sasaran pada kelompok tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik dan lansia. Sedangkan untuk suntikan kedua sudah digunakan 47.179 dosis atau 21 persen target.

Sementara, Direktur PT Tri Lestari Sandang Industri Ceciliane Senjaya menuturkan jika 2.300 orang pekerja di lingkungan pabriknya sudah terdaftar program vaksinasi pemerintah. “Untuk hari ini, estimasi yang bisa mengikuti vaksinasi ada seribu pekerja. Vaksinasi ini kita lakukan bertahap, dari pagi sampai sore, ” jelasnya.

Adapun vaksinator pada pelaksanaan vaksinasi massal di PT Tri Lestari Sandang Industri ini terdiri dari petugas medis dari RS TK.IV Pagongan, Tegal, Poskes 407/PK, Puskesmas Kesamiran dan Puskesmas Kedungbanteng. (Pendimtegal/Hr/OI)

Jateng Tegal
Andhi Timor Setiawan

Andhi Timor Setiawan

Previous Article

Kodim 0712/Tegal konsisten Tegakkan Disiplin...

Next Article

Usai Gelar Apel Gabungan Persiapan PPKM...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Andy

Andy

Postingan Bulan ini: 237

Postingan Tahun ini: 306

Registered: Nov 20, 2020

Update

Update verified

Postingan Bulan ini: 230

Postingan Tahun ini: 2568

Registered: Jul 9, 2020

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 215

Postingan Tahun ini: 1498

Registered: Sep 25, 2020

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 192

Postingan Tahun ini: 1026

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Joni Hermanto

Kabupaten Tana Toraja Masuk Daftar PPKM Level 4, Kapolres: Penyekatan di Perbatasan Mulai  Hari Senin
Besok Sidang MK  Dan Jika Terjadi Kembali Pelanggaran PSU Jilid II, Apakah PSU Kembali Atau Salah Satu Paslon Di Diskualifikasi Oleh MK ?
Warga Nagori Mancuk Ditemukan Tewas di Areal PTPN IV Kebun Dosin, Dugaan Akibat Gigitan Ular Berbisa
Bravo...Polres Labuhanbatu Grebek Judi 12 Mesin Jackpot Di Sekitar Lingkungan Rumah Cawabup Labuhanbatu

Follow Us

Recommended Posts

Dukung PPKM Level 3, Polres Magelang Terus Distribusikan Bantuan Sosial
Diduga Langgar Prokes Sejumlah Camat di Kabupaten Tegal Diadukan ke Pihak Berwajib
Polda Jateng: Terkait Postingan Dan Viral Video di Pendopo Museum RA Kartini di Rembang, Itu Tidak Benar
Pemkab Magelang: Bupati Lantik 43 Pejabat Pratama dan Administrator
KKP Berhasil Ringkus Kapal Pencuri Ikan Asal Malaysia